Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Minggu, 12 Oktober 2014

Makanan Khas Indonesia


1. SOTO BETAWI
Makanan khas Indonesia ini adalah soto yang paling terkenal di daerah Ibu Kota yaitu Jakarta. Soto juga memiliki aroma yang khas karena dimasak dengan banyak rempah-rempah yang asli dari Indonesia. Makanan ini yang paling mencolok adalah kuah dan isinya. Untuk kuah dari makanan ini memiliki warna yang alami dan tidak terlalu kental. Sedangkan dari segi isi pada soto Betawi ini menggunakan daging sapi misalnya jerohan. Selain jerohan, ada pula organ-organ lain juga digunakan yaitu, hati, mata dan torpedo
2. NASI GORENG
Makanan khas ini baik untuk di Indonesia maupun negara-negara lain mempunyai beragam modifikasi yang tersendiri dan tergantung dari daerah asal beserta bumbu yang akan digunakan. Biasanya nasi goreng ini turut dipengaruhi oleh bahan makanan yang biasa digunakan oleh masyarakat dan pengaruh dari sajian bumbu-bumbu dari negara tetangga ataukah karena pengaruh budaya etnik luar yang datang ke negara tersebut. Nasi goreng juga merupakan makanan khas Indonesia yang  juga populer di Asia Timur dan Asia Tenggara. Seperti diketahui bahwa nasi adalah bagian yang utama dari masakan tradisional Tionghoa. Jadi berdasarkan catatan sejarah nasi ini sudah mulai ada pada saat 4000 SM.
3. PECEL LELE
Pecel lele merupakan sebuah makanan dari ikan lele. Untuk makanan khas Indonesia ini, ikan lele digoreng kering dengan minyak kemudian disajikan dengan sambal lalapan. Biasanya lalapan itu sendiri terdiri dari kubis, kemangi, ketimun, kacang panjang dan tak ketinggalan yaitu sambal pecel lele yang dapat membuat ketagihan untuk menambahnya lagi. Pecel lele ini termasuk sebuah makanan murah dan meriah. Selain itu, makanan ini sangat digemari oleh masyarakat di daerah Jawa dan dikonsumsi sebagai makanan alternatif dari masakan ayam yaitu terutama ayam goreng.
4. GUDEG
Gudeg merupakan makanan khas Indonesia dari kota Yogyakarta dan Jawa Tengah. Makanan ini terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan. Dalam memasak makanan ini diperlukan waktu hingga berjam-jam. Gudeg memiliki warna coklat yang biasanya timbul dari daun jati yang dimasak secara bersamaan. Makanan ini akan dimakan dengan nasi serta dihidangkan bersama kuah santan yang kental, telur, ayam kampung, tahu atau tempe dan juga sambal. Varian gudeg ada tiga yaitu : gudeg kering, gudeg basah, dan gudeg Solo.
5. KETOPRAK
Ketoprak merupakan salah satu jenis makanan khas Indonesia yang menggunakan ketupat. Biasanya ketupat ini diperoleh dari jajanan yang menggunakan kereta dorong yang ada di jalan-jalan atau pun di pedagang kaki lima. Makanan khas ini memiliki komponen utama yaitu tahu, tempe, bihun, tauge, ketimun, dan telur rebus serta dilengkapi dengan saus kacang, kecap, dan juga taburan bawang goreng. Selain itu pula dapat disajikan dengan tambahan kerupuk.
6. SIOMAY
Menurut masakan Indonesia, siomay memiliki berbagai jenis variasi yang berdasarkan pada daging sebagai isi, mulai dari ayam, udang, ikan tenggiri, kepiting, ataupun campuran daging udang dan ayam. Bahan untuk isi siomay ini dicampur dengan tepung kanji atau sagu. Siomay juga bukan lagi dibungkus oleh kulit dari tepung terigu. Sedangkan sebagai pelengkapnya yaitu sayuran misalnya kentang, pare dan kubis yang diisi dengan daging atau tanpa isi juga dapat dihidangkan dalam satu piring bersamaan dengan siomay. Untuk tahu bakso atau tahu isi termasuk jenis siomay. Siomay merupakan makanan khas Indonesia yang berasal dari kota Bandung yang disajikan dengan siraman saus kacang. Sausnya ini pula yang menjadi ciri khas dari makanan tersebut yang dibuat dari kacang tanah yang dihaluskan lalu diencerkan dengan air. Sedangkan untuk bumbu siomay sendiri pada saus kacangnya yaitu bawang putih, cabai, gula pasir, garam dan cuka atau bisa diganti dengan jeruk limau. Tak ketinggalan siomay diberi tambahan kecap manis dan sambal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Kumis Kucing

Kumis Kucing

Blogger news

Tari Kecak

Tari Kecak

Blogroll

Pisang

Pisang

About